Uraian Singkat Tentang Gambaran Pendidikan PAUD di Indonesia

Periode emas atau golden age adalah periode usia yang sangat berharga karena berdasarkan penelitian, pada masa usia 0 hingga 6 tahun buah hati Anda mengalami perkembangan kecerdasan intelektual, mental, dan spiritual hingga mencapai 80%. Dengan penerapan pola asuh dan pendidikan yang benar segala potensi anak baik dalam kecerdasan, fisik, dan psikis dapat dikembangkan secara maksimal.

Berdasarkan penelitian tersebut pemerintah Indonesia juga semakin giat menggalakkan penyelenggaraan pendidikan PAUD di Indonesia demi terciptanya generasi muda yang berkualitas dan berguna bagi nusa dan bangsa.

Pendidikan PAUD di Indonesia

Secara singkat, PAUD di Indonesia bertujuan untuk menciptakan generasi muda yang berkualitas yang berkembang secara optimal dengan segala potensinya pada setiap masa perkembangannya. Dengan demikian, anak diharapkan mampu menjalani kehidupannya kelak dengan penuh kesiapan dan bekal berupa potensi yang dimilikinya. Pendidikan usia dini di Indonesia diselenggarakan pada bentuk formal, non-formal, dan informal.

  • Pendidikan secara formal
    Taman kanak-kanak adalah jenjang pendidikan pra sekolah dasar yang bertujuan menyiapkan anak untuk memasuki jenjang pendidikan sekolah dasar. Di Indonesia masa untuk menempuh tingkat pendidikan dasar ini adalah dua tahun. Pada usia 5 tahun hingga 6 tahun, anak menempuh pendidikan TK A atau nol kecil, lalu pada umur 6 tahun hingga 7 tahun, dilanjutkan dengan TK B atau nol besar.
  • Pendidikan secara non formal
    Pendidikan anak usia dini diberikan jalur non formal pada anak, misalnya pada kelompok bermain atau play group dan tempat penitipan anak. Para pendidik atau pendamping di taman bermain ini biasanya adalah para sukarelawan dan pengasuh anak. Pola pengajaran pada umumnya tidak tersusun secara sistematis dan lebih banyak melakukan kegiatan secara spontan misalnya bermain, berjalan-jalan, makan bersama, dan pulang.
  • Pendidikan secara informal
    Pendidikan PAUD di Indonesia secara informal dalam hal ini adalah pendidikan di tingkat keluarga. Pada masa periode emas anak, orang tua hendaknya menerapkan pola asuh dan pola didik yang benar untuk mengembangkan kreativitas, merangsang kecerdasan anak, menanamkan kebiasaan baik dan etika umum demi masa depannya.

Secara sederhana, gambaran pendidikan PAUD di Indonesia masih menekankan pada pendidikan  formal melalui lembaga pendidikan dan pendidikan di tingkat keluarga. Orang tua hendaknya benar-benar memperhatikan perkembangan buah hatinya pada masa yang berharga ini, karena periode seperti ini tidak akan pernah terulang kembali.

Speak Your Mind

*