Tips Memilih Jenis Buku Cerita Anak Bergambar

Pada usia emas atau golden age adalah masa yang paling baik untuk menanamkan kebiasaan baik, termasuk gemar membaca. Untuk menanam dan kebiasaan mencintai buku ini Anda bisa memberikan bacaan pertama bagi buah hati Anda berupa buku cerita anak bergambar dengan warna-warna cerah yang menarik sehingga membuat buah hati berminat akan buku tersebut.

Anak kecil yang masih belum bisa atau belum lancar membaca akan lebih tertarik membaca buku yang ada gambarnya, karena mereka masih berada pada tahapan visual sehingga buku cerita yang sepenuhnya berisi teks tidak akan menarik minat mereka. Selain itu, gambar-gambar yang menarik pada buku akan membantu mereka untuk lebih memahami alur cerita.

Jenis buku Cerita Anak Bergambar

Ada berbagai macam buku cerita anak bergambar yang dapat Anda pilih bagi buah hati Anda untuk menanamkan minat baca sekaligus menambah pengetahuan dan membentuk karakter baik pada anak. Untuk menambah pengetahuan buah hati, Anda bisa memilihkan buku bergambar bertema ilmu pengetahuan atau ensiklopedi sederhana, seperti tentang anggota tubuh dan fungsinya, binatang-binatang, tumbuhan, dan sebagainya. Pesan moral bagi buah hati bisa didapatkan dari tema cerita rakyat atau kumpulan cerita anak dari buku cerita bergambar.

Memilih buku cerita bergambar
Sebagaimana pisau bermata dua, selain dapat memberi manfaat positif bagi perkembangan anak, kesalahan memilihkan bacaan bagi anak justru bisa membuat buah hati Anda meniru teladan buruk pada buku tersebut. Oleh karena itu sebagai orang tua Anda harus cermat memilih bahan bacaan bagi putra putri Anda. Hindarilah buku cerita bergambar yang memuat adegan kekerasan seperti perkelahian, penganiayaan, atau pembunuhan.

Jangan memilih buku bergambar menyeramkan seperti cerita hantu dan sebagainya, karena bisa terbawa ke alam bawah sadar menjadi mimpi buruk. Berhati-hatilah pula memilih buku cerita anak bergambar yang tidak sesuai dengan usia buah hati, misalnya yang memuat pornografi karena hal itu bisa membingungkan bagi anak usia dini. Sangat disarankan untuk membaca terlebih dahulu buku yang hendak Anda jadikan bahan bacaan bagi anak-anak Anda.

Speak Your Mind

*