Tips memilih Buku Untuk Taman Kanak Kanak

Walaupun anak sudah menempuh pendidikan usia dini secara formal, yaitu di sekolah taman kanak-kanak, secara bersamaan, pendidikan sejak usia dini juga dilakukan secara informal di rumah. Hal ini sangat penting karena pada usia taman kanak-kanak kecerdasan intelektual, spiritual dan mental berlangsung secara maksimal, hampir sebesar 80%, dan tidak dapat terulang lagi.

Salah satu cara untuk merangsang kecerdasan anak dan meningkatkan kreativitasnya agar semakin maksimal adalah dengan memberikan buku untuk taman kanak kanak yang tepat sebagai bahan bacaan. Berikut adalah beberapa tips memilih buku untuk anak usia dini.

Buku Untuk Taman Kanak Kanak Ideal

  • Pada usia taman kanak-kanak kebanyakan anak Indonesia sudah mampu membaca kata-kata sederhana dengan lancar. Berikan buku bacaan yang berisi cerita yang biasanya Anda bacakan menjelang mereka tidur. Walaupun tidak dapat membaca seluruh kata pada cerita itu, anak akan tetap memahami alur cerita karena sudah sering mendengar dongeng itu sebelumnya.
  • Tunjukkan buku favorit Anda pada waktu masih kecil dulu kepada buah hati sekaligus mendampinginya pada waktu membaca buku itu atau mengajarkan membaca dan mengucapkan kata-kata yang belum dapat dia katakan dengan sempurna. Hal ini dapat menjalin kedekatan dengan si Kecil sekaligus meningkatkan kemampuannya di bidang bahasa. Tetapi jika buah hati Anda tidak menyukai buku tersebut, jangan memaksanya, karena mungkin ia memiliki minat yang berbeda.
  • Buku dengan ilustrasi berwarna sangat dianjurkan pada buku untuk taman kanak kanak karena lebih dapat merangsang kreativitas dan imajinasi mereka. Cerita yang menggambarkan seekor burung dengan bulu berwarna-warni tetapi memuat ilustrasi gambar burung berbulu hitam tentu akan membingungkan putra-putri Anda.

Sekarang ini sudah banyak sekali buku yang melampirkan kategori diperuntukkan bagi pembaca dengan tingkatan usia tertentu juga kemampuan membaca untuk memudahkan Anda memilih bahan bacaan bagi buah hati Anda. Memilih penulis terkenal dengan spesialisasi pengarang buku anak juga dapat menjadi salah satu kriteria yang dapat menjadi pertimbangan dalam memilih buku untuk taman kanak kanak.

 

Berdasarkan data di lapangan, sebagian besar anak yang mengalami kesulitan dalam pelajaran di jalur pendidikan sekolah dasar, adalah anak yang kurang atau tidak mendapatkan pendidikan anak usia dini baik secara formal maupun informal. Oleh karena itu penting sekali penerapan pola didik dan asuh yang benar yang dilakukan pada periode ini untuk merangsang potensi kecerdasan mereka, termasuk dengan cara pemilihan bahan bacaan yang sesuai yang berupa buku untuk taman kanak kanak.

Speak Your Mind

*