Tips Memilih Buku Anak TK

Memilih  buku bagi anak usia dini tentu tidak bisa kita samakan dengan buku bagi anak yang lebih tua atau bahkan orang dewasa sekali pun, karena buku anak TK yang tepat mempunyai kriteria-kriteria tertentu tentang material buku, isi buku, karakter tokoh utama, dan ilustrasi buku. Kriteria ini telah ditetapkan oleh Kementrian Pendidikan Nasional Indonesia bagi lembaga pendidikan formal anak usia dini.

Material pembuat buku tentu tidak boleh dari bahan yang berbahaya dengan sudut yang lancip atau pinggiran kertas yang tajam sehingga bisa melukai anak. Sementara isi buku haruslah memuat materi yang akurat dan sesuai dengan usia perkembangan anak. Sementara secara umum, jika terdapat cerita pada buku, karakter utama pada buku tersebut harus mampu membawa pesan moral sehingga dapat menjadi teladan yang baik bagi anak didik. Untuk ilustrasi, buku anak TK yang baik, tidak terdapat ilustrasi yang menyeramkan, menjijikkan, atau bernuansa pornografi.

Buku anak TK yang baik

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menjadi pertimbangan baik orang tua mau pun guru untuk memilih buku bagi anak usia dini termasuk TK.

  • Buku bergambar
    Anak usia dini lebih tertarik pada buku bergambar dari pada buku yang memiliki lebih banyak teks. Buku dengan gambar-gambar yang menarik dan bagus akan membuat mereka lebih berminat daripada buku yang “biasa-biasa saja”.
  • Buku berwarna
    Buku berwarna cerah akan lebih merangsang kemampuan visual anak usia dini sehingga menggugah keingintahuan mereka tentang isi buku tersebut. Warna-warni pada buku juga akan memudahkan anak usia dini untuk memahami isi buku.
  • Memuat materi yang benar
    Selain tampilan yang menarik dan indah, yang paling penting adalah isi buku tidak boleh memuat hal-hal atau informasi yang tidak akurat, terutama buku-buku ilmu pengetahuan sederhana bagi anak-anak. Tidak ada gunanya buku dengan tampilan yang bagus tetapi berisi materi yang salah karena tidak akan membawa manfaat bagi perkembangan intelektualitas anak.

Demikianlah kriteria isi buku anak TK yang baik yang akan dapat membantu menstimulasi daya pikir dan kreativitas anak sehingga perkembangan keseluruhan aspek kecerdasan anak dapat tercapai secara optimal pada usia emas.

Speak Your Mind

*