Suri Tauladan dari Buku Anak Muslim

Membentuk insan yang religius tentu harus dilakukan sejak usia dini, agar sikap-sikap ini terus terbawa hingga masa dewasa nanti. Salah satu yang bisa dilakukan melalui buku anak muslim, sebagai penanaman sikap keagamaan pada periode golden age. Para ahli memiliki pendapat yang berbeda-beda tentang rentang usia emas, tetapi secara umum yang dimaksud dengan periode emas adalah usia balita dan ini tidak bisa terulang hingga seumur hidupnya.

Salah satu cara untuk membentuk sikap religius ini adalah dengan menerapkan pola asuh yang tepat dan latihan-latihan untuk menanamkan kebiasaan baik, seperti misalnya kebiasaan gemar membaca buku anak muslim. Apa lagi sekarang sudah banyak buku anak muslim yang tampil dengan menarik dipenuhi gambar-gambar berwarna cerah berikut ilustrasi yang indah. Di samping bermanfaat untuk membangun pribadi yang religius, buku anak muslim ini juga berguna untuk meningkatkan intelektualitas anak, menambah pengetahuan, dan meningkatkan kreativitas dalam koridor keimanan.

Jenis Buku Anak Muslim

Salah satu bacaan yang direkomendasikan untuk anak muslim adalah buku ensiklopedi anak muslim yang memuat berbagai ilmu pengetahuan atau sains dalam kerangka iman dan agama sebagai satu kesatuan. Buku ensiklopedia untuk anak muslim biasanya menggunakan bahasa yang mudah dipahami berikut sisipan ayat Al-Quran, hadist, doa, dan kata mutiara islami. Dengan begitu mereka akan memandang alam semesta ini sebagai bukti kebesaran Allah SWT yang maha Kuasa.

Memperkenalkan kita suci Al-Quran sejak dini tentu akan membuat mereka tumbuh dalam nilai-nilai religiusitas yang kental. Al-Quran untuk anak didesign dengan warna yang menarik sehingga anak akan merasa senang dan tertarik untuk membaca Al Quran. Diharapkan Anak akan semakin dekat dengan Al-Quran dan dengan dorongan orang tua, anak bisa mempraktekkan ajarannya dalam kehidupan sehari-hari secara sederhana.

Selain memilihkan bacaan yang tepat berupa buku anak muslim, untuk membentuk pribadi yang religius secara utuh, peran orang tua tentu diperlukan sebagai teladan nyata hal-hal yang telah dipelajari dalam bahan-bahan bacaannya. Akan menimbulkan kebingungan tentunya jika orang tua justru bersikap tidak sesuai dengan informasi yang telah mereka terima dari buku.

Speak Your Mind

*