Pentingnya Memperkenalkan Lagu Anak Indonesia

Kemajuan jaman yang semakin pesat dan perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat anda harus berhati-hati dalam memberikan hiburan bagi anak anda. Hiburan bagi anak bukan saja terbatas pada bermain dan menonton acara televisi, tetapi salah satu hiburan bagi anak yang sudah mulai dilupakan adalah bernyanyi lagu anak-anak. Ketika anak usia 3 sampai 5 tahun, anak sudah mulai belajar untuk mengenal, menghapal dan menirukan lagu. Anak mengenal lagu melalui media apapun seperti televisi atau radio. Tetapi sayangnya, di jaman modern seperti sekarang ini, kebanyakan anak-anak menyanyikan lagu yang tidak sesuai dengan usianya. Lagu anak Indonesia sudah mulai terlupakan, diganti dengan lagu-lagu orang dewasa yang belum saatnya dinyanyikan anak-anak.

Manfaat memperkenalkan lagu anak Indonesia

Lagu anak sudah tentunya menceritakan atau menggambarkan kehidupan anak-anak pada umumnya. Lagu anak bersifat ceria agar ketika si anak menyanyikan lagu ini, anak pun menjadi riang gembira. Hal ini bermanfaat apabila mood anak sedang sedih, anda dapat mengajaknya menyanyikan lagu anak sehingga moodnya berubah menjadi ceria. Selain itu, lagu anak-anak sangat besar manfaatnya untuk perkembangan otak, baik otak kanan atau otak kiri dan anak juga dapat mengembangkan imajinasinya dengan bebas sesuai dengan usianya. Otak kanan berperan dalam kreatifitas dan imajinasi sehingga dengan memperkenalkan lagu anak Indonesia kepada buah hati anda dapat merangsang perkembangan dari dua hal ini. Sedangkan otak kiri lebih ke arah daya pikir, berhitung dan menghafal. Peran lagu anak pada otak kiri adalah dimana anak berusaha menghafal nada dan lirik lagu serta dapat mencerna apa yang diceritakan dalam lagu tersebut. Contohnya saja lagu bintang kecil yang menceritakan tentang keindahan bintang di langit yang luas dan anak dapat berimajinasi untuk dapat menggapai bintang tersebut.

Apa yang terjadi jika anak tidak mengenal lagu anak?

Semakin jarangnya ada acara televisi yang bertemakan tentang lagu anak membuat anak-anak susah untuk mengenal lagu anak yang seharusnya mereka nyanyikan di usianya. Kebanyakan siaran televisi menyajikan lagu-lagu orang dewasa yang bertemakan cinta dan patah sehingga lagu-lagu inilah yang lebih sering didengar oleh anak. Nah ini tentu saja akan berdampak yang tidak baik bagi anak karena anak bisa mempunyai pemikiran yang dewasa sebelum waktunya. Apabila orang tua tidak segera memberikan pengertian kepada si anak, maka semakin lama ini akan berpengaruh kepada psikologi anak dan akhirnya mempengaruhi perkembangan mereka seperti misalnya anak perempuan yang mengalami menstruasi terlalu dini karena mereka telah mengenal dan mengerti tentang cinta atau hal-hal orang dewasa yang sebenarnya belum saatnya mereka untuk mengerti.

Lagu anak Indonesia sebaiknya mulai diperkenalkan kepada anak sedini mungkin sehingga anak dapat mengenali lagu-lagu ceria yang dekat dengan kehidupan mereka sehari-hari.

Speak Your Mind

*