Pentingnya Membekali Diri Dengan Buku Perkembangan Anak

Setiap anak tentu akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan sesuai dengan usianya sejak dari umur 0 tahun hingga dewasa. Perkembangan ini meliputi perkembangan yang berhubungan dengan kerja otot tubuh atau jasmani dan berhubungan dengan intelektual dan spiritualitas. Perkembagan psikomotorik dan kognitif tersebut dapat terjadi secara alami dan bisa juga karena latihan atau penanaman kebiasaan yang baik. Oleh karena itu penting sekali bagi orang tua dan pendidik untuk membekali diri sebanyak mungkin dengan buku-buku perkembangan anak agar bisa menerapkan pola asuh dan pola didik yang tepat sesuai dengan usia dan perkembangan anak.

Usia Emas Anak

Usia emas adalah periode yang sangat berharga bagi buah hati karena pada usia 0 hingga 6 tahun ini perkembangan kecerdasan intelektual, mental, dan spiritualnya akan mencapai hasil optimal sehingga orang tua dan para pendidik harus memanfaatkan masa ini sebaik-baiknya. Salah satu cara agar buah hati Anda mengalami perkembangan secara maksimal adalah Anda harus mengerti bagaimana cara mendidik dan mengasuh mereka sesuai perkembangan dan usianya.

Kecerdasan berbahasa misalnya, keterampilan ini hanya bisa didapatkan dengan latihan dan lingkungan sekitar harus terkondisi agar “latihan” ini bisa berlangsung maksimal. Misalnya dengan kebiasaan orang tua mendongeng, atau membacakan cerita bagi anak sebelum tidur dan mengisi rak-rak buku di rumah dengan berbagai buku edukasi bagi anak. Jika mereka mulai ingin tahu isi buku-buku tersebut, orang tua  dapat mengajak anak untuk membaca bersama.

Jenis-jenis buku perkembangan anak

Jenis buku perkembangan anak yang telah direkomendasikan oleh kemendiknas Indonesia bagi para pendidik adalah buku-buku yang mengacu pada perkembangan dan pendidikan anak usia dini, buku tentang gizi dan kesehatan, buku yang berisi tentang pengasuhan dan perlindungan anak, buku-buku tentang pembentukan karakter yang luhur, buku-buku agama sesuai dengan kepercayaan anak usia dini, dan buku-buku pengetahuan dasar tentang memperkenalkan huruf dan angka.

Sedangkan orang tua disarankan untuk rajin mencari informasi dari buku perkembangan anak bagi orang tua (parenting). Dengan begitu, selain anak telah belajar dengan pola didik yang benar di lembaga pendidikan formal anak usia dini, di rumah pun orang tua bisa menerapkan pola asuh yang tepat demi perkembangan optimal buah hati.

Speak Your Mind

*