Meningkatkan Kreativitas Anak Dengan Buku Anak Balita

Menanamkan kebiasaan baik seperti gemar membaca dan mencintai buku sebaiknya dilakukan sedini mungkin bahkan saat anak masih belum bisa membaca sama sekali, misalnya pada usia balita. Orang tua harus mengambil peranan untuk membuat kebiasaan baik ini terpatri dalam diri anak, misalnya dengan rajin membacakan cerita sebelum tidur atau membaca bersama dengan anak. Anda dapat menggunakan buku anak balita yang sekarang telah banyak tersedia di berbagai toko buku sebagai sarana untuk melakukan kegiatan ini.

Mengembangkan kreativitas lewat membaca

Usia balita merupakan masa yang paling tepat untuk melatih dan mendidik buah hati agar kreativitas mereka berkembang seoptimal mungkin, karena hal itu hanya bisa tercapai pada periode penting ini dan tidak akan terulang lagi hingga seumur hidupnya. Membaca adalah salah satu kegiatan yang berguna untuk menstimulasi kecerdasan mereka termasuk meningkatkan kreativitas. Kreativitas akan memberikan pengaruh pada perkembangan keseluruhan aspek kecerdasan yaitu intelektual, emosional, dan spiritual.

Cara menanamkan kebiasaan membaca

Membaca adalah salah satu kebiasaan baik yang sebaiknya ditanamkan pada usia balita agar terbawa hingga kelak buah hati dewasa. Yang pertama harus dilakukan adalah membiasakan anak dengan berbagai macam buku dalam kehidupannya sehari-hari, termasuk buku anak balita yang bisa Anda letakkan di tempat-tempat yang mudah mereka lihat dan jangkau. Walaupun belum dapat membaca, anak akan tertarik dengan gambar-gambar berwarna cerah pada buku-buku tersebut. Anda bisa mengarahkan keingintahuan mereka dengan membacakan teks pada buku tersebut, tetapi jika buah hati terlihat bosan, tidak perlu dipaksa, Anda bisa melakukan kegiatan yang sama esok hari.

Jika kegiatan tersebut setiap hari diulang-ulang lama-kelamaan anak akan terbiasa dengan acara membaca bersama bunda atau ayah. Seiring dengan perkembangan usia mereka akan penasaran untuk membaca sendiri cerita yang selama ini sering dibacakan kepada mereka, dan Anda bisa memulai memperkenalkan huruf sedikit demi sedikit. Untuk mengembangkan kreativitas anak, kita bisa membuat panggung boneka kecil dari kardus dan memainkan cerita yang baru dibacakan dengan boneka-boneka milik si Kecil. Selain buah hati akan lebih mengingat pesan moral dari cerita tersebut, kegiatan yang menyenangkan ini akan menambah kedekatan antara orang tua dengan putra putri mereka. Nah, ulang tahun mereka berikutnya sebaiknya pilihlah hadiah berupa satu set buku anak balita bagi buah hati.

Speak Your Mind

*