Mengenali Jenis Buku pelajaran TK

Sebelum membahas tentang buku pelajaran taman kanak-kanak, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu tentang pelajaran di TK atau taman kanak-kanak. Yang utama dalam pengajaran di TK adalah memaksimalkan perkembangan motorik dan kognitif dasar, juga perkembangan kematangan sosial dan emosionalnya.  Hal ini dapat dilakukan melalui kegiatan bermain yang terarah baik di dalam atau di luar ruangan. Buku pelajaran TK berfungsi untuk mempersiapkan peserta didik untuk menempuh pendidikan di jenjang sekolah dasar. Dan hal ini tidak boleh dijadikan alasan untuk memaksakan pengajaran akademis seperti membaca atau berhitung kepada anak usia dini.

Memperkenalkan angka dan huruf bagi anak usia dini tentu bukan merupakan larangan asalkan dilakukan dengan strategi pola ajar yang baik agar kegiatan belajar tersebut terasa menyenangkan. Untuk itu guru membutuhkan buku pelajaran TK yang bermutu sehingga peserta didik bisa bermain sambil belajar. Setiap anak mempunyai bakat dan kompetensi yang berlainan, tetapi jika mereka terlihat tertarik dengan pelajaran membaca dan berhitung ini Anda dapat melanjutkan materi tersebut bagi anak-anak tersebut.

Jenis Buku Pelajaran TK

Untuk memperkenalkan konsep bentuk dan warna terdapat buku pelajaran TK, misalnya buku mewarnai atau buku bermain puzzle. Buku  dengan model pop up yang bisa mengeluarkan bentuk tiga dimensi juga bisa menjadi sarana untuk tujuan pembelajaran tersebut. Untuk melatih keterampilan motorik kasar dan halus mereka, Anda bisa menggunakan buku belajar menggambar dan menempel pada bidang yang benar.

Buku pelajaran TK yang dipergunakan untuk persiapan menuju sekolah dasar, misalnya adalah buku mengenal angka sekaligus memperkenalkan konsep penjumlahan atau pengurangan sederhana. Buku bagi anak usia dini ini biasanya memiliki warna-warna cerah dengan gambar-gambar lucu untuk merangsang ketertarikan mereka. Selain buku matematika dasar, tersedia pula buku mengenal huruf dan buku belajar menulis. Pemerintah telah menetapkan kriteria buku yang baik bagi anak usia dini yang harus diikuti para penerbit buku. Kriteria itu meliputi bahan buku, isi buku, ilustrasi buku, dan cerita buku anak tersebut. Sebaiknya, para pendidik dan orang tua memilih buku yang sesuai bagi buah hati berdasarkan kriteria tersebut.

Speak Your Mind

*