Mengenali Emosi Si Kecil Dari Buku Gambar Anak Miliknya

Tahukah Anda bahwa perasaan dan emosi dari buah hati Anda bisa Anda ketahui dari goresan karyanya pada buku gambar anak miliknya? Dengan mencermati gambar-gambar yang dibuat si Kecil Anda akan bisa mengetahui apa yang dipikirkan dan dirasakan oleh putra putri Anda. Karena tidak dapat menjelaskan apa yang sedang dirasakannya, gambar dan warna-warna yang mereka gunakan akan menjadi media mereka untuk berekspresi. Dari karya mereka Anda bisa mengetahui apakah si Kecil sedang sedih, marah, atau gembira.

Mengetahui karakter anak dari Buku Gambar Anak

Dari gambar yang dibuat di buku gambar anak miliknya, Anda sesungguhnya bisa menebak karakter atau sifat bawaan buah hati Anda. Jika anak Anda mewarnai gambar dengan arah yang selalu seragam, rapi, dan teratur, maka kemungkinan ia akan tumbuh menjadi pribadi yang memperhatikan detail, perfeksionis, fokus dan disiplin pada pekerjaannya.

Dari pilihan warna yang digunakan si Kecil untuk menggambar, Anda juga dapat membaca apa yang sedang dirasakannya. Pilihan warna-warna suram untuk mewarnai obyek-obyek yang pada kenyataannya berwarna cerah, bisa menunjukkan kesedihan atau kemarahan anak. Cermatilah hal ini dan cobalah berkomunikasi secara terbuka dengan buah hati Anda dalam bahasa yang ia pahami untuk mengetahui permasalahan yang tengah mengganggunya

Menggambar dan mewarnai sebagai media terapi

Siapa sangka bahwa kegiatan menggambar dan mewarnai dapat digunakan sebagai media terapi bagi putra putri Anda. Menggambar dan mewarnai bisa menjadi kegiatan yang bermanfaat untuk menghabiskan waktu luang dan melepaskan stres karena kesibukan sekolah. Menggambar di kanvas atau buku gambar juga dapat digunakan sebagai aktualisasi diri di bidang seni yang dapat menumbuhkan kepercayaan diri pada buah hati Anda.

Menggambar juga bisa menyuburkan imajinasi pada anak usia dini yang bermanfaat untuk mengembangkan kreativitas mereka. Melihat berbagai manfaat tersebut, tidak heran jika banyak orang tua yang telah mengikutkan putra putri mereka pada kelas menggambar sejak dini. Tetapi jika kegiatan menggambar lebih suka dilakukan di rumah, sebaiknya Anda membekali buah hati Anda dengan buku gambar anak dan berbagai alat-alat mewarnai.

Speak Your Mind

*