Mendongeng Sebagai Pendidikan Karakter Anak

Pada periode emas atau usia golden age yang batasnya adalah 6 tahun, orang tua dan pendidik harus menerapkan pola asuh dan pola didik yang tepat karena pada masa ini perkembangan kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual anak berkembang secara maksimal. Di usia emas yang tidak akan terganti hingga seumur hidup ini penanaman kebiasaan baik dan karakter luhur akan terbawa hingga masa dewasa nanti. Salah satu hal yang bisa menjadi bentuk pendidikan karakter anak adalah kegiatan mendongeng yang bisa dilakukan oleh pendidik di sekolah atau pun oleh orang tua di rumah.

Mendongeng dan Pendidikan Karakter Anak

Mendongeng seperti apa yang bisa membawa dampak positif bagi perkembangan karakter anak? Berdasarkan isinya, tentu yang harus kita sampaikan kepada anak-anak adalah dongeng tentang karakter-karakter luhur sehingga bisa menjadi teladan baik bagi mereka. Dalam mendongeng bahasa yang digunakan oleh pendongeng pun harus sesederhana dan semenarik mungkin sehingga anak-anak bisa memahaminya dan tidak bosan.

Sebaiknya, para pendongeng menghindari kata-kata kasar, vulgar, atau porno agar tidak menginspirasi anak-anak untuk menirunya walaupun mereka tidak mengetahui artinya. Ingatlah bahwa kegiatan mendongeng ini merupakan salah satu bentuk pendidikan karakter anak. Jika bercerita tentang dongeng-dongeng khayalan dan makhluk-makhluk rekaan, pastikan bahwa anak-anak mengetahui dengan pasti bahwa cerita itu adalah  hasil imajinasi semata, dan bukan hal yang nyata.

Mendongeng sudah mulai ditinggalkan

Sayangnya, di zaman modern seperti sekarang ini kegiatan yang menyenangkan ini sudah banyak ditinggalkan. Para orang tua sering tidak punya waktu lagi untuk membacakan dongeng bagi buah hatinya karena kesibukan mencari nafkah, dan anak-anak ini lebih banyak bermain dengan gadget canggih pemberian orang tuanya. Sungguh memprihatinkan, bukan? Padahal dari kegiatan sederhana itu, perlahan-lahan kita dapat membentuk karakter luhur anak sehingga ia tumbuh menjadi insan yang cendekia sekaligus berbudi.

Manfaat lain mendongeng

Selain sebagai bentuk pendidikan karakter anak, kegiatan mendongeng adalah salah satu cara untuk memupuk minat baca dan menanamkan kebiasaan membaca pada anak usia dini walaupun mereka belum lancar atau bahkan belum bisa membaca. Jika mendongeng merupakan kegiatan rutin yang dilakukan orang tua atau pun pendidik lama-kelamaan mereka akan penasaran dan ingin membaca sendiri buku dongeng yang selama ini sering dibacakan kepada mereka.

Speak Your Mind

*