Memilih Buku Pendidikan Anak Usia Dini Untuk Bayi Hingga Balita

Periode emas pertumbuhan anak, atau golden age, adalah masa-masa yang sangat berharga dalam perkembangan anak karena pada masa ini potensi kecerdasan, kreativitas, dan mental spiritual anak dapat dikembangkan secara maksimal hingga tercipta generasi muda yang seimbang. Menanamkan kebiasaan baik seperti membaca sudah dapat dimulai sejak usia dini untuk meningkatkan minat baca anak-anak. Tetapi memilih buku pendidikan anak usia dini terutama bayi hingga tiga tahun tentu bukanlah hal yang mudah.

Untuk membantu para orang tua, berikut ini adalah panduan untuk memilih buku pendidikan bagi bayi hingga berusia tiga tahun (batita).

Tips Memilih Buku Pendidikan Anak Usia Dini

  • Pada usia toodler years (0 sampai 3 tahun) anak akan lebih tertarik pada gambar dari pada tulisan. Jadi, lebih baik pilih buku yang berisi banyak gambar dengan warna-warna cerah dan menarik.
  • Sangat disarankan memberi anak buku dengan ilustrasi yang bisa membentuk gambar tiga dimensi, atau pop up. Buku seperti ini dapat membantu mereka untuk lebih memahami konsep seperti warna atau bentuk yang diwakili oleh gambar tersebut.
  • Tidak perlu memberikan mereka buku dengan tema yang rumit. Setiap ilustrasi pada buku cukup disertai dengan satu kalimat pendek yang menggambarkan peristiwa dalam kehidupan sehari-hari.
  • Buku yang berisi kalimat-kalimat berima mungkin terdengar merdu saat dibaca, asalkan perhatikan juga bahwa diksi atau pilihan kata yang dipakai bukan kata yang terlalu rumit bagi buah hati Anda.
  • Selain memperhatikan isi buku, yang tidak kalah penting dalam memilih buku pendidikan anak usia dini adalah material buku tersebut harus benar-benar aman bagi anak Anda. Hindari buku-buku dengan ujung yang runcing atau pinggiran yang tajam. Karton tebal atau kain yang lembut adalah yang paling cocok sebagai bahan pembuat buku untuk anak usia dini.

Nah, tidak terlalu sulit bukan memilih buku pendidikan anak usia dini yang baik bagi putra-putri Anda? Menanamkan kebiasaan membaca adalah pendidikan usia dini secara informal yang dapat diberikan oleh orang tua di dalam keluarga demi memaksimalkan kecerdasan anak secara intelektual atau pun mental spiritual. Dengan memilih bahan bacaan yang tepat bagi buah hati Anda sejak usia dini tentu akan membawa pengaruh positif bagi kecerdasan dan kreativitas anak.

Speak Your Mind

*