Membentuk Karakter dengan Membacakan Buku Cerita Anak

Seperti yang kita ketahui pada usia golden age atau usia emas, pola didik yang benar harus diterapkan oleh orang tua karena pada periode inilah karakter, kebiasaan, dan kecerdasan baik intelektual, emosional, dan spiritual berkembang secara maksimal. Salah satu pola didik untuk membentuk karakter anak, bisa kita lakukan dengan cara membacakan buku cerita anak sebelum mereka tidur. Ternyata kebiasaan sederhana ini dapat membentuk karakter baik pada anak dengan mengambil pesan moral yang termuat dalam buku bacaan masa kecilnya.

Periode emas ini tidak akan terulang pada masa hidup anak, sehingga orang tua Anda harus berusaha merangsang berbagai kompetensi yang dimiliki anak dengan pola asuh yang benar agar buah hati  tumbuh menjadi manusia dewasa yang berkarakter baik, cerdas secara IQ dan EQ dan menjadi insan yang religius.

Membentuk Karakter Anak dengan Buku Cerita Anak

Anda dapat melakukan hal ini dengan cara membacakan cerita kepada putra putri Anda sebelum tidur. Luangkan waktu selama 15 menit setiap hari untuk membacakan buku cerita anak yang berkualitas dan memuat nilai-nilai moral, seperti menghormati orang tua, menyayangi teman, suka menolong, dan sebagainya. Cerita yang mengandung nilai-nilai moral tersebut tentu harus disesuaikan dengan tahap tumbuh kembang buah hati.

Dengan buku cerita, secara tidak langsung Anda telah mengajarkan pesan-pesan moral  dengan cara yang lebih mereka pahami tanpa ada paksaan. Anda dapat juga menambahkan beberapa nasehat baik  asalkan masih relevan  dengan cerita yang Anda bacakan. Bantu buah hati Anda untuk menemukan pesan-pesan moral yang tidak diceritakan secara gamblang pada  cerita.

Manfaat Lain Membacakan Buku Cerita Anak Sebelum Tidur

Selain bisa membentuk karakter baik buah hati Anda, membacakan buku cerita anak yang bermutu bisa membantu perkembangan keterampilan verbal mereka. Anak-anak yang sering dibacakan dongeng sebelum tidur cenderung mampu berkomunikasi lebih baik dan memiliki kosa kata yang lebih banyak dari pada anak yang jarang dibacakan cerita. Nah,mulai nanti malam, jangan lupa membacakan buku cerita anak bagi buah hati sebelum mereka terlelap.

Speak Your Mind

*