Membentuk Karakter Anak Lewat Buku Anak Islami

Salah satu sarana yang bisa kita gunakan untuk membentuk karakter anak adalah dengan memberikan bacaan yang bergizi seperti buku anak islami. Buku islami untuk anak berbeda dengan buku islam yang temanya lebih berat. Buku islami adalah buku yang temanya tidak melulu tentang ritual yang menggambarkan hubungan antara manusia dengan Tuhan, melainkan juga bagaimana kita berhubungan baik dengan lingkungan sosial dan menjaga alam semesta. Dengan begitu buku-buku universal dengan tema persahabatan, menghormati orang tua, kejujuran dalam berucap, dan sebagainya bisa digolongkan sebagai buku islami untuk anak.

Membentuk karakter anak

Pada  usia dini atau secara khusus yang disebut sebagai  usia emas, orang tua harus menerapkan pola asuh yang benar karena pada periode inilah masa-masa berharga saat  orang tua dapat memahat karakter luhur, kepribadian mulia, dan kebiasaan-kebiasaan baik yang akan terus bertahan hingga mereka dewasa  nanti.  Salah satu  cara untuk membentuk karakter baik ini adalah dengan menyediakan bahan bacaan berupa buku anak islami di rak buku, membaca bersama anak, dan kegiatan mendongeng sebelum tidur.

Karakter-karakter baik yang sering mereka dengar dari cerita-cerita tersebut akan menjadi teladan yang lama-kelamaan akan meresap dalam sanubari sehingga mereka akan meniru sikap-sikap tersebut dalam kegiatan sehari-hari. Pada saat mendongeng orang tua juga bisa menyelipkan nasehat-nasehat baik yang masih relevan dengan isi cerita. Sesekali orang tua juga bisa mengajak buah hatinya untuk berdiskusi tentang pesan moral yang terkandung dalam buku-buku islami yang dibaca bersama.

Jenis-jenis buku islami

Anda dapat memilihkan buku anak islami dengan tema-tema yang mengandung nilai-nilai akhlak yang mulia, akidah, dan karakter-karakter baik bagi anak. Kumpulan cerita islam, cerita tentang para Rasul, dan kisah para sahabat Rasul pada umumnya akan disajikan dalam bahasa yang sederhana dan mudah dipahami oleh anak. Jika sejak kecil terbiasa mendengar cerita tentang Rasul akan timbul kecintaan anak terhadap Rasul sehingga ia akan mengikuti teladan positif dari karakter manusia yang mulia tersebut. Jadi jangan ditunda lagi, mulai nanti malam jangan lupa mendongeng untuk buah hati Anda.

Speak Your Mind

*