Maksimalkan kecerdasan anak dengan buku edukasi anak

Sangat penting bagi orang tua untuk menerapkan pola asuh dan pola didik yang tepat pada usia  0 hingga 6 tahun bagi buah hatinya. Mengapa demikian? Karena pada masa-masa tersebut perkembangan intelektual, emosional, dan spiritual buah hati Anda akan mencapai puncaknya, sehingga sayang sekali bila orang tua tidak memanfaatkannya dengan mengoptimalkan perkembangan putra putrinya. Apalagi periode emas ini tidak akan terganti hingga seumur hidupnya. Buku edukasi anak adalah salah satu sarana yang dapat digunakan untuk meningkatkan kecerdasan intelektual anak.

Pada usia golden age ini para orang tua bisa memaksimalkan perkembangan kecerdasan buah hatinya dalam segala aspek dengan cara merangsang daya pikir dan penalaran anak selain dengan buku edukasi anak, adalah dengan mainan edukasi anak, dan menanamkankan kebiasaan-kebiaasaan baik juga karakter luhur yang akan terbawa  pada masa dewasa kelak.

Jenis-jenis buku edukasi anak

Buku edukasi anak artinya adalah buku yang memuat nilai pendidikan dan akan membawa manfaat bagi perkembangan intelektualitasnya secara maksimal. Buku-buku seperti inilah yang biasanya digunakan di lembaga-lembaga formal anak usia dini seperti misalnya di taman kanak-kanak. Namun tidak ada salahnya jika di rumah sebagai orang tua Anda juga memiliki koleksi buku-buku pendidikan seperti ini bagi buah hati Anda. Seri buku edukasi biasanya adalah tentang mengenal huruf dan angka juga cara menulisnya, buku menempel dan mewarnai gambar, atau buku ilmu pengetahuan sederhana yang sering berupa ensiklopedi anak.

Menanamkan minat baca dengan buku edukasi anak

Walaupun buah hati Anda yang masih berusia dini belum dapat membaca sama sekali atau belum mahir membaca, tidak ada salahnya telah diperkenalkan dengan buku-buku pendidikan anak sejak kecil. Dampingilah mereka saat putra putri Anda mulai tertarik dan ingin tahu tentang buku-buku tersebut karena biasanya buku edukasi anak didesign dengan sampul yang menarik, warna-warna yang cerah, dan beragam gambar atau ilustrasi. Hal ini bertujuan agar anak tidak merasa bosan jika harus membaca buku atau dibacakan buku yang melulu berisi teks. Jadi mulai sekarang lebih baik berilah hadiah buku kepada buah hati Anda daripada mainan atau gadget.

Speak Your Mind

*