Kriteria Buku Pendidikan Anak Yang Baik

Menanamkan minat baca pada anak memang akan lebih baik bila dilakukan sejak dini agar kebiasaan baik itu terus berkembang hingga dewasa. Tetapi bagi orang tua tentu bukanlah perkara yang mudah untuk memilih bahan bacaan yang memenuhi semua kriteria buku pendidikan anak yang baik, bermutu dan memberikan kontribusi untuk meningkatkan kecerdasan anak.

Tidak usah bingung bunda, di bawah ini adalah panduan untuk memilih buku pendidikan bagi anak yang memenuhi kriteria sebagai buku yang bermutu sesuai ketentuan dari Kementrian Pendidikan Nasional.

4 Kriteria Buku Pendidikan Anak Yang Baik

  • Bahan yang aman
    Buku untuk anak harus menggunakan bahan yang aman. Misalnya, pinggiran kertas tidak boleh tajam sehingga bisa membuat anak terluka. Sangat penting juga untuk menggunakan bahan yang tebal dan mudah dibuka seperti kertas karton atau kain vinil yang lembut.
  • Tema yang menarik
    Untuk membuat anak berminat dengan buku pendidikan, maka buku pendidikan anak harus memiliki tema menarik yang sesuai dengan perkembangan usia anak. Bagi si Kecil yang masih bayi hingga berusia dua tahun, akan lebih cocok bila diperkenalkan dengan buku yang memuat banyak gambar benda dengan warna-warni cerah dan akrab dengan kehidupan sehari-hari anak. Untuk anak usia tiga tahun, orang tua dapat memilih buku dengan tema mengenal angka atau huruf.
  • Pesan moral yang positif
    Tokoh utama cerita dalam buku harus dapat memberikan pesan moral yang baik dan dapat merasuk ke dalam hati nurani anak untuk membentuk kepribadian mulia sejak dini. Penggambaran tokoh jahat juga disarankan tidak terlalu berlebihan atau diungkapkan dengan melakukan perbuatan yang terlalu keji, karena dapat mempengaruhi anak untuk mengimitasinya.
  • Lebih banyak ilustrasi
    Buku pendidikan anak untuk bayi hingga berusia tiga tahun hendaknya lebih sedikit mengandung tulisan tetapi banyak berisi ilustrasi gambar dengan warna cerah, benda yang diilustrasikan jelas dan tidak membingungkan, serta tidak menyeramkan.

Beberapa kriteria tersebut dapat membantu bunda untuk memilih buku pendidikan anak yang baik untuk meningkatkan kecerdasan dan mengembangkan kreativitas mereka sehingga di masa depan nanti akan tercetak generasi muda yang seimbang.

Speak Your Mind

*