Buku Cerita Anak Muslim

Sangat memprihatinkan jika anak-anak muslim lebih banyak mengidolakan tokoh-tokoh rekaan dalam film, terutama jika film tersebut banyak memuat nilai-nilai yang tidak sesuai dengan koridor keimanan atau kebudayaan bangsa. Hal ini disebabkan kurangnya pengetahuan anak tentang tokoh-tokoh yang nyata dalam sejarah Islam atau tentang pahlawan-pahlawan dalam negeri sendiri. Solusi dari permasalahan ini adalah memberikan bahan bacaan berupa buku cerita anak muslim yang menceritakan tentang pahlawan-pahlawan atau tokoh dalam dunia Islam baik dari dalam atau pun luar negeri.

Buku cerita anak muslim tentang Rasulullah

Sejak dini perkenalkanlah buah hati Anda kepada Rasulullah Muhammad SAW, agar timbul kecintaan pada beliau dan menjadikan nabi Muhammad sebagai pahlawan dan idolanya. Dengan begitu anak akan meniru tingkah laku dan teladan Rasulullah yang tanpa cela, sehingga terbangun karakter baik yang Islami dari buah hati Anda sesuai dengan kehidupan mulia Nabi Muhammad.

Hal ini dikarenakan buku cerita anak muslim terutama menceritakan sifat-sifat positif seperti kejujuran, karena Rasul adalah pribadi yang dijuluki sebagai Al Amin yang artinya bisa dipercaya. Selain itu sifat penuh belas kasih dan kelembutan Rasulullah juga bisa menginspirasi anak Anda untuk meniru sifat tersebut. Kehidupan Rasul yang penuh kesederhanaan, serta karakter beliau yang adil dan berani membela kebenaran tentu akan memberikan teladan yang sempurna bagi putra putri Anda.

Buku cerita anak muslim tentang tokoh Islam

Selain tentang Nabi besar Muhammad SAW, yang bisa menjadi pilihan lain bahan bacaan buku anak muslim adalah cerita tentang tokoh-tokoh lain seperti Umar bin Khatab yang dijuluki Singa Allah karena keberaniannya, Abu Bakar yang menyerahkan seluruh kekayaannya untuk kemajuan agama Islam, Ali yang gagah berani, dan masih banyak lagi. Untuk anak perempuan, Anda bisa memberikan bahan bacaan tentang tokoh Islam wanita, seperti istri atau putri Nabi, yaitu Siti Khadijah, Aisyah, Fatimah, dan sebagainya. Jika sejak dini anak telah akrab dengan cerita para tokoh Islam ini, mereka pun akan mengidolakannya dan menjadikan sifat-sifat para pahlawan yang mulia ini sebagai teladan.

Speak Your Mind

*