Awas !!! Buku Bacaan Anak Bisa Berbahaya

Seperti juga makanan yang kita konsumsi sehari-hari yang dapat mempengaruhi kondisi buah hati kita, begitu pula buku bacaan anak juga akan membawa dampak bagi jiwa dan pikiran mereka. Bila buku bacaan yang sering mereka baca sehari-hari adalah buku bacaan yang “sehat” tentu pengetahuan mereka akan semakin bertambah karena memperoleh banyak informasi baru. Sebaliknya buku bacaan yang tidak bermutu, tidak akan memberikan manfaat bagi perkembangan jiwa dan pikiran anak usia dini, melainkan justru bisa meracuni dan menyesatkan mereka.

Buku bacaan yang tergolong berbahaya

Jenis-jenis buku bacaan anak yang berbahaya adalah buku-buku khayalan yang bertentangan dengan kenyataan, misalnya buku tentang hantu, monster, peri, atau makhluk-makhluk rekaan lainnya. Buku yang menceritakan karakter tokoh utama yang nakal atau curang tetapi justru selalu menang atau beruntung juga harus dihindari karena bisa membuat anak terinspirasi untuk meniru tokoh tersebut. Adegan percintaan juga merupakan buku yang tidak sesuai bagi anak usia dini karena belum sesuai dengan perkembangan jiwa dan pikirannya.

Buku bacaan yang berbahaya, bisa kita samakan dengan junk food yang walaupun rasanya lezat tetapi tidak memberikan nutrisi bagi tubuh tetapi justru merusak kesehatan tubuh. Nah, buku bacaan yang berbahaya memang mempunyai banyak penggemar, tetapi bisa meracuni jiwa dan pikiran terutama anak-anak. Oleh karena itu sebaiknya orang tua membaca terlebih dahulu buku bacaan yang hendak diberikan kepada buah hatinya.

Membentuk karakter anak dengan buku bacaan anak

Pada usia emas, Anda harus menerapkan pola asuh yang benar karena pada periode ini adalah masa untuk membentuk karakter dan kebiasaan baik yang akan terus terbawa hingga dewasa nanti. Buku bacaan yang bermutu adalah salah satu alat yang bisa Anda gunakan untuk membentuk karakter anak. Buku bacaan anak  yang bermutu adalah buku yang membawa pesan moral yang baik, memberikan informasi yang berguna untuk menambah pengetahuan, dan bisa memperkaya pengalaman mereka.

Anda bisa mengajak buah hati untuk berbelanja buku bersama-sama di toko buku, dan pilihlah buku bersama dengan putra putri Anda untuk memperoleh bacaan yang sesuai minat mereka tetapi juga merupakan buku bacaan anak yang bermutu. Kegiatan ini juga bisa membuat Anda semakin akrab dengan buah hati.

Speak Your Mind

*