3 Hal Yang Harus Dihindari Dalam Memilih Buku Untuk PAUD

Memilih buku yang tepat adalah salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk menanamkan kecintaan terhadap pendidikan sejak usia dini. Selama usia pra-sekolah, anak-anak mulai menggunakan nalarnya untuk membandingkan apa yang ia lihat di buku atau ditonton di televisi dengan apa yang ia temukan di alam nyata. Oleh sebab itu, buku untuk PAUD harus dirancang secara rasional, sehingga anak tidak merasa berada di dua dunia yang berbeda. Dengan buku yang sesuai perkembangan kognitifnya, anak juga lebih mudah memahami apa yang ada di dalam buku.

Memilih bahan bacaan yang tepat bagi anak bukanlah perkara yang simple bagi orang tua karena begitu banyaknya pilihan buku anak yang dipajang di rak toko buku. Buku untuk PAUD yang paling baik adalah buku yang dapat meningkatkan kecerdasan dan merangsang kreativitas pada anak. Oleh karena itu, orang tua harus benar-benar selektif dalam memilih.

Memilih Buku Untuk PAUD Terbaik

Berikut ini adalah 3 hal yang sebaiknya dihindari dalam memilih buku untuk anak usia dini.

  • Hindari buku cerita bergambar yang temanya tidak sesuai dengan dunia anak-anak. Misalnya, buku untuk PAUD dengan teman jenis harus secara jelas menggambarkan bahwa tokoh itu bergender lelaki atau wanita dan memiliki gambaran ciri-ciri fisik yang sesuai dengan usia tokoh.
  • Sebaiknya Anda tidak memilih buku cerita bergambar yang diadaptasi dari film atau tokoh kartun di televisi, karena biasanya buku seperti ditulis untuk alasan komersil semata, dan jarang memberi kontribusi positif bagi perkembangan anak.
  • Cobalah Anda baca keras-keras buku bergambar yang akan Anda berikan kepada buah hati Anda! Apakah Anda menyukainya? Jika ya, kemungkinan itu adalah buku yang sesuai untuk buah hati Anda karena kegiatan membaca bersama akan menimbulkan kedekatan antara Anda dan buah hati.

Kegiatan membaca atau membacakan cerita bagi anak seharusnya menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi anak dan orang tua. Jangan memaksa bila buah hati Anda belum tertarik untuk membaca buku untuk PAUD yang Anda berikan, cobalah lagi esok hari untuk membacakan cerita bagi putra putri Anda. Lakukan terus berulang-ulang hingga menjadi rutinitas harian untuk si Kecil.

Speak Your Mind

*